Bagi Bapak/Ibu Guru PAI SMA/SMK Kabupaten Kediri. berikut ini link download perangkat soal PAI Semester Ganjil TP 2013-2014
PERANGKAT SOAL PAI SEMESTER GANJIL KELAS X (KTSP) TP 2013-2013, KLIK DI SINI
PERANGKAT SOAL PAI SEMESTER GANJIL KELAS X (KURIKULUM 2013) TP 2013-2013, KLIK DI SINI
PERANGKAT SOAL PAI SEMESTER GANJIL KELAS XI TP 2013-2013, KLIK DI SINI
PERANGKAT SOAL PAI SEMESTER GANJIL KELAS XII TP 2013-2013, KLIK DI SINI
Senin, 25 November 2013
Selasa, 22 Oktober 2013
Workshop Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis IT
Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam serta pelaksanaan kurikulum 2013 maka diselenggarakan workshop pengembangan media pembelajaran PAI berbasis IT di Hotel Solaris, Karanglo Malang, pada tanggal 22-24 Oktober 2013.
Selasa, 24 September 2013
SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA PENDIDIKAN ISLAM (EMIS) 2013-2014
Pada hari Rabu, 25 September 2013, PAIS Kab. Kediri mengadakan sosialisasi pemutakhiran data pendidikan Islam tahun 2013-2014. Hal ini sangat diperlukan Sebagai pusat informasi data GPAI. Untuk itu, khususnya kepada seluruh Guru PAI tingkat SMA baik Negeri atau swasta dimohon untuk segera melengkapi data-data yang diperlukan paling lambat tanggal 5 Oktober 2013
Kepada seluruh GPAI Kab. Kediri untuk mengunduh data di bawah ini dan melengkapi data pribadinya.
UNDUH DATA GPAI SMA
Kepada seluruh GPAI Kab. Kediri untuk mengunduh data di bawah ini dan melengkapi data pribadinya.
UNDUH DATA GPAI SMA
Jumat, 14 Juni 2013
PERBAIKAN DATA GPAI SMA/SMK KAB. KEDIRI
Berdasarkan surat dari kantor kemenag Kab. Kediri dengan nomor Kd.15.33/4/PP.00/700/201, perihal Perbaikan Data Lembaga Pendidikan lslam TP 2012/2013.
maka dengan ini kami beritahukan kepada seluruh GPAI SMA/SMK Kab. Kediri, baik Negeri atau swasta untuk mengisi data tersebut. Mengingat waktu yang disediakan sangat terbatas mohon untuk langsung mengirim file dan menginformasikan ke GPAI yang lain.
Mohon download file di bawah ini, isi data dengan benar, dan segera emailkan ke : fuaddimyati@gmail.com
DOWNLOAD FILE,
KLIK DI SINI
maka dengan ini kami beritahukan kepada seluruh GPAI SMA/SMK Kab. Kediri, baik Negeri atau swasta untuk mengisi data tersebut. Mengingat waktu yang disediakan sangat terbatas mohon untuk langsung mengirim file dan menginformasikan ke GPAI yang lain.
Mohon download file di bawah ini, isi data dengan benar, dan segera emailkan ke : fuaddimyati@gmail.com
DOWNLOAD FILE,
KLIK DI SINI
Jumat, 08 Maret 2013
PENDATAAN PESERTA SERTIFIKASI GPAI
Bagi GPAI di wilayah Kabupaten Kediri baik di jenjang SD/SDLB, SMP, SMA/SMK yang belum tersertifikasi mohon segera mendaftarkan diri sebagai calon peserta sertifikasi tahun 2013 ke Mapenda Kemenag Kab. Kediri. formulir pendaftaran silahkan download di sini
Rabu, 17 Oktober 2012
UNDANGAN MGMP PAI
No
: 02/10/MGMPPAI/2012
Lamp. : -
Hal : Undangan
السلام
عليكم ورØÙ…Ø© الله وبركاته
Mengharap
dengan hormat, kehadiran Bapak/Ibu Guru Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Kab.
Kediri, untuk mengikuti kegiatan MGMP PAI yang Insya Allah akan dilaksanakan
pada :
Hari,
tanggal : Rabu, 31 Oktober 2012
Jam : 08.00-selesai
Tempat
: UPTD SMA Negeri 1
Gurah
Jl. Balongsari No. 03 Gurah Kediri
Demikian
undangan ini kami sampaikan atas kehadiran dan partisipasinya kami sampaikan
terima kasih
والسلام
عليكم ورØÙ…Ø© الله وبركاته
Kediri, 25 Oktober 2012
Pengurus
MGMP PAI SMA/SMK Kab. Kediri
Minggu, 07 Oktober 2012
Pengembangan SK-KD PAI SMA/SMK
(Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 211 tahun 2011 tentang
Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah)
Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah)
Kelas : X (Sepuluh) Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alqur’an
1. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan
dengan benar
|
1.6 Membaca dengan tepat
dan baik menggunakan kaedah tajwid
ayat-ayat tentang prasangka baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah
annafs)
(8/72); persaudaraan (ikhaa’) (49/10) ;
1.7 Menerjemahkan dengan tepat
dan baik ayat-ayat
tentang prasangka baik
(husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs)
(8/72) persaudaraan (ikhaa’) 49/10);
1.8 Menulis dengan lancar ayat-ayat tentang
prasangka baik (husnuzhon)
(49/12); kontrol diri (mujahadah annafs) (8/72); persaudaraan (ikhaa’) (49/10);
1.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang prasangka
baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs)
(8/72); persaudaraan (ikhaa’) (49/10);
1.10 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
2. Memahami Hadis-
hadis dengan
tema- tema tertentu
|
2.1 Membaca
Hadis-hadis tentang
husnuzhan, dan
mujahadah an nafs;
2.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang
husnuzhan
dan mujahadah an nafs;
2.3 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
3.
Meningkatkan keimanan kepada
Allah SWT
|
3.1 Menjelaskan pengertian mengimani sifat-sifat Allah Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matiin, Al-Jaami’,
Al-Adl, Al-Aakhir, As-sami’, dan Al-Bashir;
3.2 Menampilkan prilaku yang mencerminkan sifat-
sifat Allah Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matiin,
Al-Jaami’, Al-Adl,
Al-Aakhir, As-sami’, dan
Al-Bashir;
3.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang mencermminkan ketaatan kepada Allah.
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan hikmah
dan manfaat prasangka baik (husnuzhan) dan kontrol diri (mujahadah an nafs)
dalam kehidupan;
4.2 Membiasakan perilaku prasangka baik (husnuzhan) dan kontrol diri (mujahadah an nafs) dalam kehidupan sehari-hari;
4.3 Menjelaskan hikmah
dan manfaat sikap persaudaraan;
4.5 Menunjukan perilaku yang mencerminkan
persaudaraan sebagai sesama
umat Islam, warga masyarakat, warga
bangsa, dan sebagai sesama manusia.
|
Fiqih
5.
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
|
5.1 Menjelaskan pengertian kedudukan dan fungsi
Alqur’an, Hadis, dan Ijtihad
sebagai sumber hukum Islam;
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam;
5.3 Menjelaskan hikmah adanya
hukum taklifi;
5.4 Menampilkan perilaku yang sejalan
dengan
hukum syar’i.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
|
6.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW periode Mekkah;
6.2 Menganalisis faktor-faktor sosial
kesejarahan yang
mempengaruhi dakwah Nabi
periode Mekkah;
6.3 Meneladani strategi dakwah
Nabi periode Mekkah dalam konteks keindonesiaan dan globalisasi;
6.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan strategi dakwah Nabi
periode Mekkah.
|
Kelas : X (Sepuluh) Semester 2 (Dua)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan
dengan benar
|
7.6 Membaca dengan
tepat dan baik
menggunakan kaedah tajwid, ayat-ayat tentang berpikir (tafakkur) (30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159, 42/38)
dan larangan khamar
(narkoba) (2/219, 5/90-91);
7.7 Menerjemahkan dengan tepat
dan baik ayat-ayat
tentang berpikir (tafakkur)
(30/8-9 &20-24);
demokrasi (syuro)
(3/159, 42/38) dan larangan
khamar (narkoba) (2/219, 5/90-91);
7.8 Menulis ayat-ayat tentang berpikir (tafakkur)
(30/8-9 &20-24);
demokrasi (syuro)
(3/159,
42/38) dan larangan khamar
(narkoba) (2/219,
5/90-91),
dengan lancar;
7.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang berpikir
(tafakkur)
(30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159, 42/38)
dan larangan khamar
(narkoba) (2/219, 5/90-91).
7.10Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat
tersebut.
|
Hadis
8. Memahami Hadis-
hadis dengan tema- tema tertentu
|
8.1 Membaca Hadis-hadis
tentang demokrasi serta etika berpakaian
dan berhias;
8.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang
demokrasi
serta etika
berpakaian dan berhias;
8.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang mencerminkan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Malaikat.
|
14.5 Menjelaskan pengertian Malaikat berdasarkan
Alqur’an dan Hadis;
14.6 Menjelaskan hikmah beriman kepada
Malaikat;
14.7 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Malaikat.
|
Akhlak
15
Membiasakan perilaku terpuji
|
15.1 Menjelaskan manfaat dan hikmah etika berpakaian, dan berhias;
15.2 Mempraktikkan etika dalam
berpakaian dan berhias;
15.3 Menjelaskan manfaat dan hikmah berfikir kritis dan demokratis;
15.4 Membiasakan sikap berfikir kritis dan demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
|
16 Menghindari
perbuatan tercela.
|
16.1 Menjelaskan pengertian khamar (narkoba);
16.2 Menjelaskan pengaruh khamar (narkoba);
16.3 Menunjukan perilaku yang menyiksa diri dosa
meminum khamar
(narkoba).
|
17 Memahami
penyelenggaraan
janazah
|
17.1 Menjelaskan pengertian Fardhu Kifayah;
17.2 Mempraktikkan penyelenggaraan jenazah;
17.3 Menjelaskan hikmah penyelenggaraan jenazah;
17.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan penyelenggaraan jenazah.
|
Fiqih
18 Memahami hukum
Islam tentang wakaf.
|
18.1 Menjelaskan pengertian wakaf;
18.2 Menunjukan contoh wakaf;
18.3 Menunjukan pentingnya wakaf;
18.4 Menjelaskan perundang-undang tentang
pengelolaan zakat
dan wakaf
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
19
Memahami keteladanan Rasulullah dalam
membina umat periode Madinah.
|
19.1 Mendiskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW periode Madinah;
19.2 Menganalisis faktor-faktor sosial
kesejarahan
yang mempengaruhi dakwah Nabi di periode
Madinah;
19.3 Meneladani strategi dakwah Nabi
di periode
Madinah dalam
konteks ke Indonesiaan dan
globalisasi;
19.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan strategi dakwah Nabi periode Madinah.
|
Kelas : XI (Sebelas) Semester 1 (Satu)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
2. Memahami Alqur’an
surat-surat
pilihan dengan benar
|
4.5 Membaca dengan
tepat dan baik
menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu’)
(2/45-46); taat
pada aturan(tho’ah)
(3/
32, 13/15);
kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.6 Menerjemahkan dengan
tepat dan baik ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu’) (2/45-46); taat
pada aturan(tho’ah) (3/ 32, 13/15);
kompetisi dalam kebaikan (2/148, 35/32);
4.7 Menulis ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu’) (2/45-46); taat pada
aturan(tho’ah) (3/ 32,
13/15); kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.8 Menjelaskan
kandungan ayat tentang konsentrasi
(khusyu’) (2/45-46); taat
pada aturan(tho’ah)
(3/
32, 13/15);
kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.9 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
5 Memahami Hadis-
hadis dengan tema- tema tertentu
|
5.1 Membaca Hadis-hadis tentang
malu, taat aturan dan berbuat kebaikan;
5.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang malu, taat aturan
dan berbuat kebaikan;
5.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku
sesuai dengan
hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
6 Meningkatkan
keimanan kepada Rasul-rasul
Allah
|
6.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah;
6.2 Menjelaskan titik
temu ajaran para
rasul;
6.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan; keimanan kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Akhlak
7 Membiasakan
berperilaku terpuji
|
7.1 Menjelaskan manfaat dan hikmah malu, konsentrasi, dan taat aturan;
7.2
Menampilkan sikap
malu, konsentrasi, dan taat
aturan dalam kehidupan sehari-hari;
7.3
Menjelaskan hikmah
dan manfaat kompetisi
dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari;
7.4 Menampilkan sikap kompetisi dalam kebaikan
dalam keseharian.
|
Fiqih
5.
Memahami hukum Islam
tentang Mu’amalah
|
5.4 Menjelaskan prinsip-prinsip ekonomi
dalam
Islam;
5.5
Menjelaskan hikmah
praktek-praktek ekonomi
Islami;
5.6 Menerapkan prinsip-prinsip ekonomi
Islam dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6. Memahami
perkembangan Islam
pada masa kejayaan
|
6.4 Menjelaskan kemajuan-kemajuan peradaban
Islam
6.5 Menjelaskan kontribusi Islam dalam perkembangan peradaban dunia
6.6 Mengambil
pelajaran dari sejarah perkembangan
peradaban Islam
|
Kelas : XI (Sebelas) Semester 2 (Dua)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar
|
7.6 Membaca dengan tepat
dan baik menggunakan kaedah tajwid
ayat-ayat tentang saling menasehati
(31/13-14); berbuat baik (ihsan) (2/83);
larangan berbuat zina
dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91);
7.7 Menerjemahkan dengan tepat
dan baik ayat-ayat
tentang saling menasehati (31/13-14); berbuat
baik (ihsan) (2/83); larangan berbuat zina
dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91);
7.8 Menulis ayat-ayat
tentang saling menasehati (31/13-14); berbuat baik
(ihsan) (2/83);
larangan berbuat zina
dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91)
dengan lancar;
7.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang saling
menasehati (31/13-14); berbuat
baik (ihsan)
(2/83);
larangan berbuat
zina dan judi
(17/32, 24/2-3,
5/90-91);
7.10
Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
8. Memahami Hadis-
hadis dengan tema- tema tertentu
|
9.1 Membaca
Hadis-hadis tentang
ihsan dan
kemaksiatan (zina dan judi);
9.2 Menerjemahkan Hadis-hadis
tentang ihsan dan kemaksiatan (zina
dan judi);
9.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan hadis-hadis
tersebut.
|
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Kitab-kitab
Allah
|
9.4 Menjelaskan proses pewahyuan;
9.5 Menjelaskan hikmah dan manfaat keimanan pada kitab suci;
9.6 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan pada kitab
suci.
|
Akhlak
10. Membiasakan perilaku terpuji
|
10.5 Menjelaskan manfaat dan hikmah saling menasehat;
10.6
Membiasakan perilaku saling menasehati dalam kehidupan sehari-hari;
10.7
Menjelaskan manfaat dan hikmah sikap
ihsan
dalam kehidupan sehari-hari;
10.8 Membiasakan perilaku ihsan dalam kehidupan sehari-hari.
|
11.
Menghindari
perilaku tercela
|
11.4
Menjelaskan bentuk-bentuk kemaksiatan (zina
dan judi);
11.5
Menjelaskan dampak
dari perbuatan kemaksiatan
(zina dan judi);
11.6
Menghindari perbuatan maksiat dalam kehidupan sehari-hari (zina dan judi).
|
Fiqih
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.3
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah;
12.4
Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
13. Memahami perkembangan Islam
pada masa modern (1800-sekarang)
|
13.6
Menjelaskan perkembangan Islam pada
masa modern;
13.7 Menjelaskan faktor-faktor yang
menyebabkan kemunduran peradaban Islam;
13.8 Menyebutkan upaya-upaya yang
dilakukan oleh tokoh-tokoh
Islam untuk
mencapai kebangkitan Islam di era modern;
13.9 Mengambil pelajaran dari sejarah peradaban
Islam di era modern;
13.10 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan sejarah peradaban Islam di era modern.
|
Kelas : XII (Dua Belas) Semester 1 (Satu)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
1. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar
|
1.3 Membaca dengan
tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid
ayat-ayat tentang ridha (4/114,
20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277);
santun
(arrifq)
(3/159, 20/43-44) dan menjaga
lingkungan alam (30/41);
1.4 Menerjemahkan dengan
tepat dan baik ayat-ayat tentang ridha (4/114, 20/130); amal shaleh
(3/133-136, 2/277); santun (arrifq)
(3/159,
20/43-44),
dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.3 Menulis ayat-ayat tentang ridha (4/114, 20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277); santun
(arrifq) (3/159, 20/43-44) dengan
lancar dan menjaga
lingkungan alam (30/41);
1.4 Mejelaskan
kandungan ayat tentang ridha (4/114,
20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277);
santun
(arrifq)
(3/159, 20/43-44) dengan lancar
dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.5 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
2. Memahami Hadis- hadis dengan
tema- tema tertentu
|
3.1 Membaca Hadis-hadis tentang
amal saleh dan sikap santun;
3.2
Menerjemahkan Hadis-hadis tentang amal saleh
dan sikap
santun;
3.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
3.
Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
3.4 Menjelaskan konsep hari akhir
berdasarkan
Alqur’an dan hadis;
3.5 Menjelaskan hikmah dan manfaat
keimanan
terhadap hari
akhir;
3.6 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada hari
akhir secara filosofis.
|
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
6.1
Menjelaskan hikmah
dan manfaat amal soleh dan menjaga lingkungan alam;
6.2
Menampilkan perilaku amal shaleh dan mejaga
lingkungan alam dalam
kehidupan sehari-hari;
6.3
Menjelaskan hikmah
dan manfaat perilaku
santun, dan ridha;
6.4
Menunjukkan perilaku santun dan ridha dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud dari
masyarakat yang berkarakter.
|
Fiqih
5. Memahami Hukum Islam tentang
Hukum Keluarga
|
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam
Islam;
5.2 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia;
5.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ketentuan hukum
perkawinan dalam Islam.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6 Memahami perkembangan Islam
di Indonesia
|
6.1 Menjelaskan perkembangan kebudayaan Islam di
Indonesia;
6.2 Menjelaskan proses persinggungan ajaran
Islam
dan nilai-nilai lokal
di Indonesia;
6.3 Menjelaskan strategi Islamisasi budaya di
Indonesia;
6.4 Mengambil
pelajaran dari perkembangan Islam di
Indonesia;
6.5 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Kelas : XII (Dua Belas) Semester 2 (Dua)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar
|
7.1 Membaca dengan
tepat dan baik
menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang perbuatan yang
menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21); kesetaraan (3/64,
40/40); sikap radikal
(5/32,
4/92-93);
7.2 Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat
tentang perbuatan yang menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21); kesetaraan ( 3/64,
40/40); sikap
radikal (5/32, 4/92-93);
7.3 Menulis
ayat-ayat tentang perbuatan yang
menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21);
kesetaraan ( 3/64, 40/40); sikap radikal (5/32,
4/92-93)
dengan lancar;
7.4 Menjelaskan kandungan ayat-ayat
tentang perbuatan yang menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21); kesetaraan (3/64, 40/40);
sikap radikal (5/32,
4/92-93);
7.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
8. Memahami Hadis- hadis dengan
tema- tema tertentu
|
8.1 Membaca
Hadis-hadis Al-Musawah, Al-Ukhuwah,
dan larangan radikalisme;
8.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang
Al-Musawah, Al-Ukhuwah, dan larangan radikalisme;
8.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Qadha’ dan Qadhar
|
9.1 Menjelaskan manifestasi Qadha dan
Qadar dalam
kehidupan pribadi, sosial, berbangsa, dan
bernegara;
9.2 Menjelaskan taqdir
Allah dan ikhtiyar manusia
dalam kehidupan;
9.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada Qadha dan
Qadr.
|
Akhlak
10. Membiasakan
perilaku terpuji
|
10.1 Menjelaskan hikmah dan manfaat perilaku persatuan dan kerukunan;
10.2 Menampilkan perilaku yang berorientasi pada persatuan, kerukunan, dan kesetaraan sebagai warga masyarakat, bangsa, dan dunia.
|
11. Menghindari
perilaku tercela
|
11.1 Menjelaskan pengertian ekslusifisme,
radikalisme, dan terorisme;
11.2 Menganalisis akar penyebab ekslusifisme,
radikalisme, dan terorisme;
11.3 Menghindari perilaku yang mencerminkan
ekslusifisme, radikalisme, dan terorisme dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
12. Memahami
Hukum
Islam tentang Waris
|
12.1 Menjelaskan ketentuan hukum Waris;
12.2 Mempraktikkan penghitungan dan pembagian
Waris.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
13. Memahami perkembangan Islam
di dunia
|
13.1 Menjelaskan pasang-surut
peradaban Islam di dunia;
13.2 Menjelaskan faktor kemajuan dan kemunduran
peradaban Islam di dunia;
13.3 Menjelaskan strategi
untuk memajukan peradaban Islam di dunia;
13.4 Mengambil
pelajaran dari perkembangan Islam di dunia;
13.5 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan perkembangan Islam di dunia.
|
DOWNLOAD
Langganan:
Postingan (Atom)