(Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 211 tahun 2011 tentang
Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah)
Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah)
Kelas : X (Sepuluh) Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alqur’an
1. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan
dengan benar
|
1.6 Membaca dengan tepat
dan baik menggunakan kaedah tajwid
ayat-ayat tentang prasangka baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah
annafs)
(8/72); persaudaraan (ikhaa’) (49/10) ;
1.7 Menerjemahkan dengan tepat
dan baik ayat-ayat
tentang prasangka baik
(husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs)
(8/72) persaudaraan (ikhaa’) 49/10);
1.8 Menulis dengan lancar ayat-ayat tentang
prasangka baik (husnuzhon)
(49/12); kontrol diri (mujahadah annafs) (8/72); persaudaraan (ikhaa’) (49/10);
1.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang prasangka
baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs)
(8/72); persaudaraan (ikhaa’) (49/10);
1.10 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
2. Memahami Hadis-
hadis dengan
tema- tema tertentu
|
2.1 Membaca
Hadis-hadis tentang
husnuzhan, dan
mujahadah an nafs;
2.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang
husnuzhan
dan mujahadah an nafs;
2.3 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
3.
Meningkatkan keimanan kepada
Allah SWT
|
3.1 Menjelaskan pengertian mengimani sifat-sifat Allah Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matiin, Al-Jaami’,
Al-Adl, Al-Aakhir, As-sami’, dan Al-Bashir;
3.2 Menampilkan prilaku yang mencerminkan sifat-
sifat Allah Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matiin,
Al-Jaami’, Al-Adl,
Al-Aakhir, As-sami’, dan
Al-Bashir;
3.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang mencermminkan ketaatan kepada Allah.
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan hikmah
dan manfaat prasangka baik (husnuzhan) dan kontrol diri (mujahadah an nafs)
dalam kehidupan;
4.2 Membiasakan perilaku prasangka baik (husnuzhan) dan kontrol diri (mujahadah an nafs) dalam kehidupan sehari-hari;
4.3 Menjelaskan hikmah
dan manfaat sikap persaudaraan;
4.5 Menunjukan perilaku yang mencerminkan
persaudaraan sebagai sesama
umat Islam, warga masyarakat, warga
bangsa, dan sebagai sesama manusia.
|
Fiqih
5.
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
|
5.1 Menjelaskan pengertian kedudukan dan fungsi
Alqur’an, Hadis, dan Ijtihad
sebagai sumber hukum Islam;
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam;
5.3 Menjelaskan hikmah adanya
hukum taklifi;
5.4 Menampilkan perilaku yang sejalan
dengan
hukum syar’i.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
|
6.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW periode Mekkah;
6.2 Menganalisis faktor-faktor sosial
kesejarahan yang
mempengaruhi dakwah Nabi
periode Mekkah;
6.3 Meneladani strategi dakwah
Nabi periode Mekkah dalam konteks keindonesiaan dan globalisasi;
6.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan strategi dakwah Nabi
periode Mekkah.
|
Kelas : X (Sepuluh) Semester 2 (Dua)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan
dengan benar
|
7.6 Membaca dengan
tepat dan baik
menggunakan kaedah tajwid, ayat-ayat tentang berpikir (tafakkur) (30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159, 42/38)
dan larangan khamar
(narkoba) (2/219, 5/90-91);
7.7 Menerjemahkan dengan tepat
dan baik ayat-ayat
tentang berpikir (tafakkur)
(30/8-9 &20-24);
demokrasi (syuro)
(3/159, 42/38) dan larangan
khamar (narkoba) (2/219, 5/90-91);
7.8 Menulis ayat-ayat tentang berpikir (tafakkur)
(30/8-9 &20-24);
demokrasi (syuro)
(3/159,
42/38) dan larangan khamar
(narkoba) (2/219,
5/90-91),
dengan lancar;
7.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang berpikir
(tafakkur)
(30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159, 42/38)
dan larangan khamar
(narkoba) (2/219, 5/90-91).
7.10Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat
tersebut.
|
Hadis
8. Memahami Hadis-
hadis dengan tema- tema tertentu
|
8.1 Membaca Hadis-hadis
tentang demokrasi serta etika berpakaian
dan berhias;
8.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang
demokrasi
serta etika
berpakaian dan berhias;
8.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang mencerminkan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Malaikat.
|
14.5 Menjelaskan pengertian Malaikat berdasarkan
Alqur’an dan Hadis;
14.6 Menjelaskan hikmah beriman kepada
Malaikat;
14.7 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Malaikat.
|
Akhlak
15
Membiasakan perilaku terpuji
|
15.1 Menjelaskan manfaat dan hikmah etika berpakaian, dan berhias;
15.2 Mempraktikkan etika dalam
berpakaian dan berhias;
15.3 Menjelaskan manfaat dan hikmah berfikir kritis dan demokratis;
15.4 Membiasakan sikap berfikir kritis dan demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
|
16 Menghindari
perbuatan tercela.
|
16.1 Menjelaskan pengertian khamar (narkoba);
16.2 Menjelaskan pengaruh khamar (narkoba);
16.3 Menunjukan perilaku yang menyiksa diri dosa
meminum khamar
(narkoba).
|
17 Memahami
penyelenggaraan
janazah
|
17.1 Menjelaskan pengertian Fardhu Kifayah;
17.2 Mempraktikkan penyelenggaraan jenazah;
17.3 Menjelaskan hikmah penyelenggaraan jenazah;
17.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan penyelenggaraan jenazah.
|
Fiqih
18 Memahami hukum
Islam tentang wakaf.
|
18.1 Menjelaskan pengertian wakaf;
18.2 Menunjukan contoh wakaf;
18.3 Menunjukan pentingnya wakaf;
18.4 Menjelaskan perundang-undang tentang
pengelolaan zakat
dan wakaf
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
19
Memahami keteladanan Rasulullah dalam
membina umat periode Madinah.
|
19.1 Mendiskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW periode Madinah;
19.2 Menganalisis faktor-faktor sosial
kesejarahan
yang mempengaruhi dakwah Nabi di periode
Madinah;
19.3 Meneladani strategi dakwah Nabi
di periode
Madinah dalam
konteks ke Indonesiaan dan
globalisasi;
19.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan strategi dakwah Nabi periode Madinah.
|
Kelas : XI (Sebelas) Semester 1 (Satu)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
2. Memahami Alqur’an
surat-surat
pilihan dengan benar
|
4.5 Membaca dengan
tepat dan baik
menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu’)
(2/45-46); taat
pada aturan(tho’ah)
(3/
32, 13/15);
kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.6 Menerjemahkan dengan
tepat dan baik ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu’) (2/45-46); taat
pada aturan(tho’ah) (3/ 32, 13/15);
kompetisi dalam kebaikan (2/148, 35/32);
4.7 Menulis ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu’) (2/45-46); taat pada
aturan(tho’ah) (3/ 32,
13/15); kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.8 Menjelaskan
kandungan ayat tentang konsentrasi
(khusyu’) (2/45-46); taat
pada aturan(tho’ah)
(3/
32, 13/15);
kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.9 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
5 Memahami Hadis-
hadis dengan tema- tema tertentu
|
5.1 Membaca Hadis-hadis tentang
malu, taat aturan dan berbuat kebaikan;
5.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang malu, taat aturan
dan berbuat kebaikan;
5.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku
sesuai dengan
hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
6 Meningkatkan
keimanan kepada Rasul-rasul
Allah
|
6.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah;
6.2 Menjelaskan titik
temu ajaran para
rasul;
6.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan; keimanan kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Akhlak
7 Membiasakan
berperilaku terpuji
|
7.1 Menjelaskan manfaat dan hikmah malu, konsentrasi, dan taat aturan;
7.2
Menampilkan sikap
malu, konsentrasi, dan taat
aturan dalam kehidupan sehari-hari;
7.3
Menjelaskan hikmah
dan manfaat kompetisi
dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari;
7.4 Menampilkan sikap kompetisi dalam kebaikan
dalam keseharian.
|
Fiqih
5.
Memahami hukum Islam
tentang Mu’amalah
|
5.4 Menjelaskan prinsip-prinsip ekonomi
dalam
Islam;
5.5
Menjelaskan hikmah
praktek-praktek ekonomi
Islami;
5.6 Menerapkan prinsip-prinsip ekonomi
Islam dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6. Memahami
perkembangan Islam
pada masa kejayaan
|
6.4 Menjelaskan kemajuan-kemajuan peradaban
Islam
6.5 Menjelaskan kontribusi Islam dalam perkembangan peradaban dunia
6.6 Mengambil
pelajaran dari sejarah perkembangan
peradaban Islam
|
Kelas : XI (Sebelas) Semester 2 (Dua)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar
|
7.6 Membaca dengan tepat
dan baik menggunakan kaedah tajwid
ayat-ayat tentang saling menasehati
(31/13-14); berbuat baik (ihsan) (2/83);
larangan berbuat zina
dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91);
7.7 Menerjemahkan dengan tepat
dan baik ayat-ayat
tentang saling menasehati (31/13-14); berbuat
baik (ihsan) (2/83); larangan berbuat zina
dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91);
7.8 Menulis ayat-ayat
tentang saling menasehati (31/13-14); berbuat baik
(ihsan) (2/83);
larangan berbuat zina
dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91)
dengan lancar;
7.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang saling
menasehati (31/13-14); berbuat
baik (ihsan)
(2/83);
larangan berbuat
zina dan judi
(17/32, 24/2-3,
5/90-91);
7.10
Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
8. Memahami Hadis-
hadis dengan tema- tema tertentu
|
9.1 Membaca
Hadis-hadis tentang
ihsan dan
kemaksiatan (zina dan judi);
9.2 Menerjemahkan Hadis-hadis
tentang ihsan dan kemaksiatan (zina
dan judi);
9.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan hadis-hadis
tersebut.
|
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Kitab-kitab
Allah
|
9.4 Menjelaskan proses pewahyuan;
9.5 Menjelaskan hikmah dan manfaat keimanan pada kitab suci;
9.6 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan pada kitab
suci.
|
Akhlak
10. Membiasakan perilaku terpuji
|
10.5 Menjelaskan manfaat dan hikmah saling menasehat;
10.6
Membiasakan perilaku saling menasehati dalam kehidupan sehari-hari;
10.7
Menjelaskan manfaat dan hikmah sikap
ihsan
dalam kehidupan sehari-hari;
10.8 Membiasakan perilaku ihsan dalam kehidupan sehari-hari.
|
11.
Menghindari
perilaku tercela
|
11.4
Menjelaskan bentuk-bentuk kemaksiatan (zina
dan judi);
11.5
Menjelaskan dampak
dari perbuatan kemaksiatan
(zina dan judi);
11.6
Menghindari perbuatan maksiat dalam kehidupan sehari-hari (zina dan judi).
|
Fiqih
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.3
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah;
12.4
Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
13. Memahami perkembangan Islam
pada masa modern (1800-sekarang)
|
13.6
Menjelaskan perkembangan Islam pada
masa modern;
13.7 Menjelaskan faktor-faktor yang
menyebabkan kemunduran peradaban Islam;
13.8 Menyebutkan upaya-upaya yang
dilakukan oleh tokoh-tokoh
Islam untuk
mencapai kebangkitan Islam di era modern;
13.9 Mengambil pelajaran dari sejarah peradaban
Islam di era modern;
13.10 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan sejarah peradaban Islam di era modern.
|
Kelas : XII (Dua Belas) Semester 1 (Satu)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
1. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar
|
1.3 Membaca dengan
tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid
ayat-ayat tentang ridha (4/114,
20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277);
santun
(arrifq)
(3/159, 20/43-44) dan menjaga
lingkungan alam (30/41);
1.4 Menerjemahkan dengan
tepat dan baik ayat-ayat tentang ridha (4/114, 20/130); amal shaleh
(3/133-136, 2/277); santun (arrifq)
(3/159,
20/43-44),
dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.3 Menulis ayat-ayat tentang ridha (4/114, 20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277); santun
(arrifq) (3/159, 20/43-44) dengan
lancar dan menjaga
lingkungan alam (30/41);
1.4 Mejelaskan
kandungan ayat tentang ridha (4/114,
20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277);
santun
(arrifq)
(3/159, 20/43-44) dengan lancar
dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.5 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
2. Memahami Hadis- hadis dengan
tema- tema tertentu
|
3.1 Membaca Hadis-hadis tentang
amal saleh dan sikap santun;
3.2
Menerjemahkan Hadis-hadis tentang amal saleh
dan sikap
santun;
3.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
3.
Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
3.4 Menjelaskan konsep hari akhir
berdasarkan
Alqur’an dan hadis;
3.5 Menjelaskan hikmah dan manfaat
keimanan
terhadap hari
akhir;
3.6 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada hari
akhir secara filosofis.
|
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
6.1
Menjelaskan hikmah
dan manfaat amal soleh dan menjaga lingkungan alam;
6.2
Menampilkan perilaku amal shaleh dan mejaga
lingkungan alam dalam
kehidupan sehari-hari;
6.3
Menjelaskan hikmah
dan manfaat perilaku
santun, dan ridha;
6.4
Menunjukkan perilaku santun dan ridha dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud dari
masyarakat yang berkarakter.
|
Fiqih
5. Memahami Hukum Islam tentang
Hukum Keluarga
|
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam
Islam;
5.2 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia;
5.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ketentuan hukum
perkawinan dalam Islam.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6 Memahami perkembangan Islam
di Indonesia
|
6.1 Menjelaskan perkembangan kebudayaan Islam di
Indonesia;
6.2 Menjelaskan proses persinggungan ajaran
Islam
dan nilai-nilai lokal
di Indonesia;
6.3 Menjelaskan strategi Islamisasi budaya di
Indonesia;
6.4 Mengambil
pelajaran dari perkembangan Islam di
Indonesia;
6.5 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Kelas : XII (Dua Belas) Semester 2 (Dua)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar
|
7.1 Membaca dengan
tepat dan baik
menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang perbuatan yang
menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21); kesetaraan (3/64,
40/40); sikap radikal
(5/32,
4/92-93);
7.2 Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat
tentang perbuatan yang menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21); kesetaraan ( 3/64,
40/40); sikap
radikal (5/32, 4/92-93);
7.3 Menulis
ayat-ayat tentang perbuatan yang
menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21);
kesetaraan ( 3/64, 40/40); sikap radikal (5/32,
4/92-93)
dengan lancar;
7.4 Menjelaskan kandungan ayat-ayat
tentang perbuatan yang menggangu ketenangan umum (isaa’ah) (45/21); kesetaraan (3/64, 40/40);
sikap radikal (5/32,
4/92-93);
7.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat tersebut.
|
Hadis
8. Memahami Hadis- hadis dengan
tema- tema tertentu
|
8.1 Membaca
Hadis-hadis Al-Musawah, Al-Ukhuwah,
dan larangan radikalisme;
8.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang
Al-Musawah, Al-Ukhuwah, dan larangan radikalisme;
8.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan hadis-hadis tersebut.
|
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Qadha’ dan Qadhar
|
9.1 Menjelaskan manifestasi Qadha dan
Qadar dalam
kehidupan pribadi, sosial, berbangsa, dan
bernegara;
9.2 Menjelaskan taqdir
Allah dan ikhtiyar manusia
dalam kehidupan;
9.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada Qadha dan
Qadr.
|
Akhlak
10. Membiasakan
perilaku terpuji
|
10.1 Menjelaskan hikmah dan manfaat perilaku persatuan dan kerukunan;
10.2 Menampilkan perilaku yang berorientasi pada persatuan, kerukunan, dan kesetaraan sebagai warga masyarakat, bangsa, dan dunia.
|
11. Menghindari
perilaku tercela
|
11.1 Menjelaskan pengertian ekslusifisme,
radikalisme, dan terorisme;
11.2 Menganalisis akar penyebab ekslusifisme,
radikalisme, dan terorisme;
11.3 Menghindari perilaku yang mencerminkan
ekslusifisme, radikalisme, dan terorisme dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
12. Memahami
Hukum
Islam tentang Waris
|
12.1 Menjelaskan ketentuan hukum Waris;
12.2 Mempraktikkan penghitungan dan pembagian
Waris.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
13. Memahami perkembangan Islam
di dunia
|
13.1 Menjelaskan pasang-surut
peradaban Islam di dunia;
13.2 Menjelaskan faktor kemajuan dan kemunduran
peradaban Islam di dunia;
13.3 Menjelaskan strategi
untuk memajukan peradaban Islam di dunia;
13.4 Mengambil
pelajaran dari perkembangan Islam di dunia;
13.5 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan perkembangan Islam di dunia.
|
DOWNLOAD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar