DZIKIR - FIKIR - AMAL SHALIH

Rabu, 17 Oktober 2012

UNDANGAN MGMP PAI


No       : 02/10/MGMPPAI/2012
Lamp.  : -
Hal      : Undangan



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Mengharap dengan hormat, kehadiran Bapak/Ibu Guru Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Kab. Kediri, untuk mengikuti kegiatan MGMP PAI yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari, tanggal              : Rabu, 31 Oktober 2012
Jam                              : 08.00-selesai
Tempat                        : UPTD SMA Negeri 1 Gurah
   Jl. Balongsari No. 03 Gurah Kediri
Demikian undangan ini kami sampaikan atas kehadiran dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Kediri, 25 Oktober 2012
Pengurus MGMP PAI SMA/SMK Kab. Kediri

Minggu, 07 Oktober 2012

Pengembangan SK-KD PAI SMA/SMK


(Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 211 tahun 2011 tentang


Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah) 



Kelas   : X (Sepuluh)                                                      Semester 1


Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
Alqur’an
1. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar

1.6 Membaca dengan tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang prasangka baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs) (8/72); persaudaraan (ikhaa) (49/10) ;
1.7 Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat tentang prasangka baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs) (8/72) persaudaraan (ikhaa) 49/10);
1.8 Menulis dengan lancar ayat-ayat tentang prasangka baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs) (8/72); persaudaraan (ikhaa) (49/10);
1.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang prasangka
baik (husnuzhon) (49/12); kontrol diri (mujahadah annafs) (8/72); persaudaraan (ikhaa) (49/10);
1.10 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat tersebut.
Hadis
2. Memahami Hadis-
hadis dengan tema- tema tertentu

2.1   Membaca Hadis-hadis tentang husnuzhan, dan
mujahadah an nafs;
2.2   Menerjemahkan Hadis-hadis tentang husnuzhan
dan mujahadah an nafs;
2.3   Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai dengan hadis-hadis tersebut.
Keimanan
3. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT

3.1 Menjelaskan pengertian mengimani sifat-sifat Allah Al-Mumin, Al-Wakil, Al-Matiin, Al-Jaami’, Al-Adl, Al-Aakhir, As-sami’, dan Al-Bashir;
3.2 Menampilkan prilaku yang mencerminkan sifat- sifat Allah Al-Mumin, Al-Wakil, Al-Matiin,
Al-Jaami’, Al-Adl, Al-Aakhir, As-sami’, dan
Al-Bashir;
3.3  Menunjukkan kesadaran berperilaku yang mencermminkan ketaatan kepada Allah.
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji

4.1  Menjelaskan hikmah dan manfaat prasangka baik (husnuzhan) dan kontrol diri (mujahadah an nafs) dalam kehidupan;
4.2  Membiasakan perilaku prasangka baik (husnuzhan) dan kontrol diri (mujahadah an nafs) dalam kehidupan sehari-hari;
4.3  Menjelaskan hikmah dan manfaat sikap persaudaraan;
4.5  Menunjukan perilaku yang mencerminkan persaudaraan sebagai sesama umat Islam, warga masyarakat, warga bangsa, dan sebagai sesama manusia.
Fiqih
5. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi.

5.1 Menjelaskan pengertian kedudukan dan fungsi Alqur’an, Hadis, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam;
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam;
5.3 Menjelaskan hikmah adanya hukum taklifi;
5.4 Menampilkan perilaku yang sejalan dengan
hukum syar’i.
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

6.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW periode Mekkah;
6.2 Menganalisis faktor-faktor sosial kesejarahan yang mempengaruhi dakwah Nabi periode Mekkah;
6.3 Meneladani strategi dakwah Nabi periode Mekkah dalam konteks keindonesiaan dan globalisasi;
6.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan strategi dakwah Nabi periode Mekkah.
Kelas   : X (Sepuluh)                                                            Semester 2 (Dua)


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alqur’an
7.   Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar

7.6 Membaca dengan tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid, ayat-ayat tentang berpikir (tafakkur) (30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159, 42/38) dan larangan khamar (narkoba) (2/219, 5/90-91);
7.7 Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat tentang berpikir (tafakkur) (30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159, 42/38) dan larangan khamar (narkoba) (2/219, 5/90-91);
7.8 Menulis ayat-ayat tentang berpikir (tafakkur)
(30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159,
42/38) dan larangan khamar (narkoba) (2/219,
5/90-91), dengan lancar;
7.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang berpikir
(tafakkur) (30/8-9 &20-24); demokrasi (syuro) (3/159, 42/38) dan larangan khamar (narkoba) (2/219, 5/90-91).
7.10Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat tersebut.
Hadis
8.   Memahami Hadis- hadis dengan tema- tema tertentu

8.1 Membaca Hadis-hadis tentang demokrasi serta etika berpakaian dan berhias;
8.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang demokrasi
serta etika berpakaian dan berhias;
8.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang mencerminkan hadis-hadis tersebut.
Keimanan
9.   Meningkatkan
keimanan kepada
Malaikat.

14.5 Menjelaskan pengertian Malaikat berdasarkan
Alqur’an dan Hadis;
14.6 Menjelaskan hikmah beriman kepada Malaikat;
14.7 Menunjukkan kesadaran berperilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Malaikat.
Akhlak
15 Membiasakan perilaku terpuji

15.1 Menjelaskan manfaat dan hikmah etika berpakaian, dan berhias;
15.2 Mempraktikkan etika dalam berpakaian dan berhias;
15.3 Menjelaskan manfaat dan hikmah berfikir kritis dan demokratis;
15.4 Membiasakan sikap berfikir kritis dan demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
16 Menghindari
perbuatan tercela.
16.1 Menjelaskan pengertian khamar (narkoba);
16.2 Menjelaskan pengaruh khamar (narkoba);
16.3 Menunjukan perilaku yang menyiksa diri dosa
meminum khamar (narkoba).
17 Memahami
penyelenggaraan janazah
17.1 Menjelaskan pengertian Fardhu Kifayah;
17.2 Mempraktikkan penyelenggaraan jenazah;
17.3 Menjelaskan hikmah penyelenggaraan jenazah;
17.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan penyelenggaraan jenazah.
Fiqih
18 Memahami hukum
Islam tentang wakaf.
18.1 Menjelaskan pengertian wakaf;
18.2 Menunjukan contoh wakaf;
18.3 Menunjukan pentingnya wakaf;
18.4 Menjelaskan perundang-undang tentang
pengelolaan zakat dan wakaf
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
19 Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.

19.1 Mendiskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW periode Madinah;
19.2 Menganalisis faktor-faktor sosial kesejarahan
yang mempengaruhi dakwah Nabi di periode
Madinah;
19.3 Meneladani strategi dakwah Nabi di periode
Madinah dalam konteks ke Indonesiaan dan globalisasi;
19.4 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan strategi dakwah Nabi periode Madinah.


Kelas   : XI (Sebelas)                                                           Semester 1 (Satu)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
Alqur’an
2. Memahami Alqur’an
surat-surat pilihan dengan benar

4.5   Membaca dengan tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu) (2/45-46); taat pada aturan(thoah) (3/
32, 13/15); kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.6   Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu) (2/45-46); taat pada aturan(thoah) (3/ 32, 13/15); kompetisi dalam kebaikan (2/148, 35/32);
4.7   Menulis ayat-ayat tentang konsentrasi (khusyu) (2/45-46); taat pada aturan(thoah) (3/ 32,
13/15); kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.8   Menjelaskan kandungan ayat tentang konsentrasi
(khusyu) (2/45-46); taat pada aturan(thoah) (3/
32, 13/15); kompetisi dalam kebaikan (2/148,
35/32);
4.9   Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
Hadis
5   Memahami Hadis- hadis dengan tema- tema tertentu

5.1                       Membaca Hadis-hadis tentang malu, taat aturan dan berbuat kebaikan;
5.2                       Menerjemahkan Hadis-hadis tentang malu, taat aturan dan berbuat kebaikan;
5.3                       Menunjukkan kesadaran berperilaku
sesuai dengan hadis-hadis tersebut.
Keimanan
6   Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah

6.1                       Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah;
6.2                       Menjelaskan titik temu ajaran para
rasul;
6.3                       Menampilkan perilaku yang mencerminkan; keimanan kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Akhlak
7   Membiasakan berperilaku terpuji

7.1  Menjelaskan manfaat dan hikmah malu, konsentrasi, dan taat aturan;
7.2  Menampilkan sikap malu, konsentrasi, dan taat aturan dalam kehidupan sehari-hari;
7.3  Menjelaskan hikmah dan manfaat kompetisi
dalam kebaikan dalam kehidupan sehari-hari;
7.4  Menampilkan sikap kompetisi dalam kebaikan dalam keseharian.
Fiqih
5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah

5.4  Menjelaskan prinsip-prinsip ekonomi dalam
Islam;
5.5  Menjelaskan hikmah praktek-praktek ekonomi
Islami;
5.6  Menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6. Memahami
perkembangan Islam pada masa kejayaan

6.4   Menjelaskan kemajuan-kemajuan peradaban
Islam
6.5   Menjelaskan kontribusi Islam dalam perkembangan peradaban dunia
6.6   Mengambil pelajaran dari sejarah perkembangan
peradaban Islam


Kelas   : XI (Sebelas)                                                       Semester 2 (Dua)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar

7.6 Membaca dengan tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang saling menasehati (31/13-14); berbuat baik (ihsan) (2/83); larangan berbuat zina dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91);
7.7 Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat tentang saling menasehati (31/13-14); berbuat baik (ihsan) (2/83); larangan berbuat zina dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91);
7.8 Menulis ayat-ayat tentang saling menasehati (31/13-14); berbuat baik (ihsan) (2/83); larangan berbuat zina dan judi (17/32, 24/2-3, 5/90-91) dengan lancar;
7.9 Menjelaskan kandungan ayat tentang saling
menasehati (31/13-14); berbuat baik (ihsan) (2/83);
larangan berbuat zina dan judi (17/32, 24/2-3,
5/90-91);
7.10  Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
Hadis
8.   Memahami Hadis- hadis dengan tema- tema tertentu

9.1 Membaca Hadis-hadis tentang ihsan dan kemaksiatan (zina dan judi);
9.2 Menerjemahkan Hadis-hadis tentang ihsan dan kemaksiatan (zina dan judi);
9.3 Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan hadis-hadis tersebut.
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Kitab-kitab Allah

9.4 Menjelaskan proses pewahyuan;
9.5 Menjelaskan hikmah dan manfaat keimanan pada kitab suci;
9.6 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan pada kitab suci.
Akhlak
10.  Membiasakan perilaku terpuji

10.5  Menjelaskan manfaat dan hikmah saling menasehat;
10.6  Membiasakan perilaku saling menasehati dalam kehidupan sehari-hari;
10.7  Menjelaskan manfaat dan hikmah sikap ihsan
dalam kehidupan sehari-hari;
10.8  Membiasakan perilaku ihsan dalam kehidupan sehari-hari.
11.  Menghindari
perilaku tercela
11.4  Menjelaskan bentuk-bentuk kemaksiatan (zina
dan judi);
11.5  Menjelaskan dampak dari perbuatan kemaksiatan
(zina dan judi);
11.6  Menghindari perbuatan maksiat dalam kehidupan sehari-hari (zina dan judi).
Fiqih
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah

12.3  Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah;
12.4  Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah.
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
13.     Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

13.6  Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern;
13.7  Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran peradaban Islam;
13.8  Menyebutkan upaya-upaya yang dilakukan oleh tokoh-tokoh Islam untuk mencapai kebangkitan Islam di era modern;
13.9  Mengambil pelajaran dari sejarah peradaban
Islam di era modern;
13.10 Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai dengan sejarah peradaban Islam di era modern.


Kelas   : XII (Dua Belas)                                                        Semester 1 (Satu)


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alqur’an
1. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar



1.3   Membaca dengan tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang ridha (4/114,
20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277); santun
(arrifq) (3/159, 20/43-44) dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.4   Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat tentang ridha (4/114, 20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277); santun (arrifq) (3/159,
20/43-44), dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.3   Menulis ayat-ayat tentang ridha (4/114, 20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277); santun (arrifq) (3/159, 20/43-44) dengan lancar dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.4   Mejelaskan kandungan ayat tentang ridha (4/114,
20/130); amal shaleh (3/133-136, 2/277); santun
(arrifq) (3/159, 20/43-44) dengan lancar dan menjaga lingkungan alam (30/41);
1.5   Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai
dengan ayat-ayat tersebut.
Hadis
2. Memahami Hadis- hadis dengan tema- tema tertentu

3.1  Membaca Hadis-hadis tentang amal saleh dan sikap santun;
3.2  Menerjemahkan Hadis-hadis tentang amal saleh
dan sikap santun;
3.3  Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan hadis-hadis tersebut.
Keimanan
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir

3.4   Menjelaskan konsep hari akhir berdasarkan
Alqur’an dan hadis;
3.5   Menjelaskan hikmah dan manfaat keimanan
terhadap hari akhir;
3.6   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir secara filosofis.
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji

6.1  Menjelaskan hikmah dan manfaat amal soleh dan menjaga lingkungan alam;
6.2  Menampilkan perilaku amal shaleh dan mejaga lingkungan alam dalam kehidupan sehari-hari;
6.3  Menjelaskan hikmah dan manfaat perilaku
santun, dan ridha;
6.4  Menunjukkan perilaku santun dan ridha dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud dari masyarakat yang berkarakter.
Fiqih
5. Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga

5.1   Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam
Islam;
5.2   Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia;
5.3   Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam.
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
6 Memahami perkembangan Islam di Indonesia

6.1   Menjelaskan perkembangan kebudayaan Islam di
Indonesia;
6.2   Menjelaskan proses persinggungan ajaran Islam
dan nilai-nilai lokal di Indonesia;
6.3   Menjelaskan strategi Islamisasi budaya di
Indonesia;
6.4   Mengambil pelajaran dari perkembangan Islam di
Indonesia;
6.5   Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan perkembangan Islam di Indonesia.


Kelas   : XII (Dua Belas)                                                        Semester 2 (Dua)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alqur’an
7. Memahami Alqur’an surat-surat pilihan dengan benar

7.1   Membaca dengan tepat dan baik menggunakan kaedah tajwid ayat-ayat tentang perbuatan yang menggangu ketenangan umum (isaaah) (45/21); kesetaraan    (3/64, 40/40); sikap radikal (5/32,
4/92-93);
7.2   Menerjemahkan dengan tepat dan baik ayat-ayat
tentang perbuatan yang menggangu ketenangan umum (isaaah) (45/21); kesetaraan ( 3/64,
40/40); sikap radikal (5/32, 4/92-93);
7.3   Menulis ayat-ayat tentang perbuatan yang
menggangu ketenangan umum (isaaah) (45/21);
kesetaraan   ( 3/64, 40/40); sikap radikal (5/32,
4/92-93) dengan lancar;
7.4   Menjelaskan kandungan ayat-ayat tentang perbuatan yang menggangu ketenangan umum (isaaah) (45/21); kesetaraan   (3/64, 40/40); sikap radikal (5/32, 4/92-93);
7.4   Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan ayat-ayat tersebut.
Hadis
8. Memahami Hadis- hadis dengan tema- tema tertentu

8.1   Membaca Hadis-hadis Al-Musawah, Al-Ukhuwah, dan larangan radikalisme;
8.2   Menerjemahkan Hadis-hadis tentang
Al-Musawah, Al-Ukhuwah, dan larangan radikalisme;
8.3   Menunjukkan kesadaran berperilaku sesuai dengan hadis-hadis tersebut.
Keimanan
9. Meningkatkan
keimanan kepada
Qadha dan Qadhar

9.1   Menjelaskan manifestasi Qadha dan Qadar dalam kehidupan pribadi, sosial, berbangsa, dan bernegara;
9.2   Menjelaskan taqdir Allah dan ikhtiyar manusia
dalam kehidupan;
9.3   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qadha dan Qadr.
Akhlak
10. Membiasakan
perilaku terpuji

10.1   Menjelaskan hikmah dan manfaat perilaku persatuan dan kerukunan;
10.2   Menampilkan perilaku yang berorientasi pada persatuan, kerukunan, dan kesetaraan sebagai warga masyarakat, bangsa, dan dunia.
11. Menghindari
perilaku tercela
11.1   Menjelaskan pengertian ekslusifisme,
radikalisme, dan terorisme;
11.2   Menganalisis akar penyebab ekslusifisme,
radikalisme, dan terorisme;
11.3   Menghindari perilaku yang mencerminkan ekslusifisme, radikalisme, dan terorisme dalam kehidupan sehari-hari.
Fiqih
12. Memahami Hukum
Islam tentang Waris

12.1   Menjelaskan ketentuan hukum Waris;
12.2   Mempraktikkan penghitungan dan pembagian
Waris.
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
13. Memahami perkembangan Islam di dunia



13.1   Menjelaskan pasang-surut peradaban Islam di dunia;
13.2   Menjelaskan faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia;
13.3   Menjelaskan strategi untuk memajukan peradaban Islam di dunia;
13.4   Mengambil pelajaran dari perkembangan Islam di dunia;
13.5   Menunjukkan kesdaran berperilaku sesuai
dengan perkembangan Islam di dunia.

DOWNLOAD